Layanan Berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Untuk…

Layanan Berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Untuk Kementerian Perhubungan Yang Lebih baik

Seiring dengan pesatnya kemajuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di segala aspek kehidupan yang berdampak pada perubahan pola hidup atau cara kerja setiap individu maupun organisasi dalam meraih tujuan dan sasaran yang ditetapkan. Kementerian Perhubungan Republik Indonesia sebagai sebuah institusi juga tidak luput dari pengaruh dan perkembangan TIK.

Dalam menyikapi pengaruh dan perkembangan TIK tersebut Kemenhub mengoptimalisasi layanan-layanan TIK yang dilakukan secara kurang terstruktur dan parsial ke dalam bentuk terstruktur dan terintegrasisehingga membuat layanan dirasa lebih efektif dan efisien yang pada akhirnya dapat berkontribusi untuk mewujudkan performansi Kementerian Pehubungan lebih baik.

Ada 3 (tiga) fokus kegiatan yang menjadi prioritas dalam layanan TIK Kementerian Perhubungan yang dilakukan, antara lain :

  1. Layanan e-Mail Kemenhub
    Layanan e-Mail Kemenhub sebagai e-Mail resmi pegawai Kemenhub yang menggunakan domain @dephub.go.idtelah ditingkatkan jumlah pengguna dan kategori penerimanya. Di awal pengoperasiannya e-Mail Kemenhub yang berbasis Server Mail IBM Domino ini berjumlah 3000 account e-Mail yang kebanyakandimiliki oleh pegawai di Kantor Pusat dan anggota ULP. Saat ini account e-Mail Kemenhub berjumlah 33.000 account sebanyak jumlah pegawai Kementerian Perhubungan dengan 39 jenis milis internal. Dengan telah dimilikinya account e-Mail oleh pegawai Kementerian Perhubungan dimungkinkan pimpinan dapat berkomunikasi langsung dengan seluruh jajaran di bawahnya dan demikian pula sebaliknya. Melalui account e-Mail resmi ini pula berarti Kementerian Perhubungan ikut serta melaksanakan program Pemerintah tentang kewajiban setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki account resmi dengan domain @.go.id. Dan yang terpenting dengan penggunaan e-Mail ini ialah dapat menghemat waktu dan biaya untuk penyampaian laporan, berita dan informasi di seluruh jajaran Kementerian Perhubungan.
  2. Layanan Portal Terpadu Kemenhub
    Layanan Portal Terpadu Kemenhub dengan alamat www.dephub.go.idini dimaksudkan untuk menampilkan data dan informasi valid dan terbaru dari semua unit kerja. Portal terpadu ini mengintegrasikan semua portal web unit kerja eselon I dan situs web eselon II di lingkungan Kementerian Perhubungan sehingga diharapkan masyarakat pencari data dan informasi dapat dengan mudah menemukan data dan nformasi yang dicari dengan tidak terlalu banyak menjelajahi masing-masing situs web yang ada. Portal Terpadu Kemenhub ini dibuat dengan teknologi web terkini yang didukung dengan server dengan spesifikasi yang sesuai serta oleh infrastruktur TIK dengan konfigurasi firewall terkini yang menghasilkan tingkat keamanan tinggi yang diharapkan mampu mengurangi penyusup (hacker) yang berusaha untuk mengganggu performansi portal.
  3. Layanan Contact Center
    Layanan Contact Center 151. Layanan ini merupakan jenis layanan berbasis TIK terbaru yang dimiliki Kementerian Perhubungan. Layanan ini dimaksudkan untuk menampung semua keluhan, masukan dan permasalahan masyarakat dalam kaitannya dengan pelayanan Kementerian Perhubungan kepada masyarakat di Sektor Darat, Laut, Udara, Perkeretaapian dan Penunjang. Layanan Contact Center ini beroperasi selama 24/7 yang diawaki oleh operator berpengalamandalam bidang Contact Center. Contact Center ini terdiri dari 3 Tier/Tingkatan, Tier 1 dilayani oleh 20 orang Agent dan 1 orang Supervisor, Tier 2 untuk eskalasi Tier 1 dilayani oleh 8 orang Agent dan 1 orang Supervisor.Tier 3 untuk eskalasi terakhir dilayani oleh Pejabat terkait langsung dengan permasalahan yang disampaikansecara On Call.

 

Infrastruktur dan Helpdesk

Dalam Upaya mendukung pengoperasian ke 3 bentuk layanan di atas, Kementerian Perhubungan menyiapkan infrastruktur dan helpdesk TIK yang beroperasiselama 24/7 dengan tenaga SDM TIK internal handal yang mendapat dukungan professional di bidang TIK untuk mengatasi permasalahan yang lebih kompleks.

Untuk terus mengupdate teknologi terkini dalam perkembangan teknologi TIK, Kementerian Perhubungan secara rutin memberikan kursus dam pelatihan di dalam maupun di luar negeri kepada Tenaga pengelola TIK baik itu di sisi perangkat lunak maupun perangkat keras.Kementerian Perhubungan juga terus memberikan kesempatan kepadaTenaga tersebut memperoleh sertifikasi keahlian khusus di bidang TIK

Share this post

Agenda


Jadwal Sholat


Prakiraan Cuaca


Live Chat


Kontak Kami

Alamat: Jl. Syekh Nawawi Al-Bantani Blok F No.1 KP3B
Gedung Dishubkominfo Provinsi Banten, Curug, Serang – Banten
Telp: (0254) 267116/267117
Fax: (0254) 267117
Email: info@dishubkominfo.bantenprov.go.id
Website: dishubkominfo.bantenprov.go.id

STATIS KUNJUNGAN

  • VISIT TODAY : 127

  • VISIT MONTH : 1.828

  • TOTAL VISIT : 64.269

  • USER ONLINE :66

  • YOUR IP : 54.198.143.210